Kamis, 15 Maret 2012

Ketuntasan Belajar (KKM)

Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Satuan pendidikan harus menentukan kriteria ketuntasan minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Berbagai kriteria yang digunakan di SD Muhammadiyah Kadisoka untuk menuju ke arah ketuntasan belajar antara lain :


a.    Ciri – Ciri Pembelajaran Tuntas
  • Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa (child centre)
  • Mengakui dan melayani  perbedaan  perseorangan  siswa (individu personal)
  • Strategi pembelajaran berazas maju berkelanjutan (continuous progress)
  • Pembelajaran   dipecah – pecah     menjadi   satuan – satuan    (cremental unit)
  • Siswa yang mempelajari unit satuan tertentu bisa berpindah ke unit satuan selanjutnya jika yang bersangkutan minimal menguasai secara tuntas minimal 75 % dari setiap standar kompetensi, kompetensi dasar dan semua indikator hasil belajar.
b.    Bentuk Layanan Pembelajaran Tuntas
        Layanan Program Remedial ( Perbaikan )
  • Pemberian bimbingan perorangan untuk yang mengalami kesulitan
  • Pemberian tugas/ perlakuan  khusus bersifat penyederhanaan
  • Materi remedial untuk KD yang belum dikuasai
  • Remedial dilakukan setelah tes KD,  Ujian Blok, Ujian Semester
  • Remedial akhir semester hanya untuk tes blok terakhir

      Layanan Program Pengayaan
  • Pemberian bacaan tambahan, diskusi untuk memperluas KD
  • Pemberian tugas analisis gambar, grafik, bacaan,dll
  • Pemberian soal-soal tambahan bersifat pengayaan
  • Membantu guru membimbing teman sebaya
  • Materi pengayaan sesuai KD yang dipelajari
  • Pengayaan dilakukan setelah tes KD, Blok, akhir semester
  • Pengayaan untuk akhir semester hanya untuk Kd Blok terakhir

c.    Pelaksanaan Konsep Ketuntasan Belajar
  • Sekolah menetapkan minimal 90 % indikator yang dianggap mewakili semua kompetensi dasar
  • Kriteria ketuntasan belajar per indikator antara 0% - 100% dengan kriteria ideal 75 %
  • Menurut masyarakat awal ketuntasan belajar diharapkan 75 %
  • Sekolah bisa menetapkan kriteria ketuntasan belajar sesuai situasi kondisi masing – masing
  • Jika semua indikator dalam KD telah memenuhi kriteria siswa dianggap menguasai KD dan Standard Kompetensi mata pelajaran

d. Standar Ketuntasan Belajar Minimal di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta
Ketuntasan belajar ditentukan dengan mempertimbangkan :
1.    Nilai esensial mata pelajaran
2.    Kompleksitas mata pelajaran
3.    Sarana pendukung yang ada
4.    Kemampuan siswa
5.    Kemampuan guru

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan masukkan Anda bagi Sekolah kami agar Kami dapat terus berkarya lebih baik dari sebelumnya.

 
Design by SD Muh Kadisoka | Sekolah Islami Kadisoka - Sekolah Inovatif | Sekolah Para Juara